Sextet adalah permainan kartu
yang diadopsi dari permainan kartu kuartet. Modifikasi pada kartu sextet ada
pada jumlah serinya yaitu 6 kartu. Modifikasi lain yaitu pada cara meminta
kartu dengan “clue”.
Gambar 01 : Keterangan Kartu
Keterangan
:
1. Judul (kategori
Fauna Dunia)
Menunjukkan salah
satu tipe fauna dunia yang ada.
2. Sub-judul
Menunjukkan contoh
fauna sesuai dengan tipe fauna yang tercantum pada judul.
3. Contoh Fauna
Menunjukkan fauna
yang menjadi fokus dan merupakan salah satu fauna yang
termasuk kedalam kategori
tipe fauna sesuai
dengan judul.
4. Gambar
Menunjukkan gambar
fauna yang menjadi fokus.
5. Deskripsi/ “clue”.
Menjelaskan deskripsi dari fauna yang menjadi clue permainan.
6. Identitas
Menunjukkan tujuan
pembuatan kartu yaitu sebagai media pembelajaran Geografi (Media) serta
menunjukkan nama pembuat contoh : Wild dream
Cara Bermain
1. Kocok dan bagi kartu
2. Setiap pemain mendapatkan 6 kartu
3. Permainan dimulai dari yang membagi kartu
4. Pemain selanjutnya sesuai urutan arah jarum jam
5. Pemain pertama meminta kartu dengan menyebutkan seri, misal : Australian
6. Jika pemain yang diminta mempunyai kartu nama hewan pada seri, dia harus
memberitahu dan kemudian membacakan “clue” yang ada.
7. Pemain pertama harus menebak jawaban “clue” kartu
8. Jika jawaban benar kartu yang diminta harus diserahkan
9. Kemudian pemain pertama melanjutkan permainan
10. Jika tebakan “clue” salah
11. Pemain pertama harus mengambil kartu di deck. Kemudian pemain berikutnya
melanjutkan
12. Permainan dilanjutkan dengan cara tersebut, sampai kartu habis
13. Pemain yang terbanyak mengumpulkan seri menjadi pemenangnya.
Alat dan Bahan
Alat : Gunting, Printer
Bahan : Gambar fauna, frame kartu, kertas
ivory/kertas tebal.
Tujuan Media Pembelajaran
Media ini dibuat dengan
tujuan mampu membantu siswa untuk mencapai tingkatan kompetensi C4 yaitu
peserta didik mampu menguraikan informasi ke dalam beberapa bagian, menemukan
asumsi, membedakan fakta dan pendapat, dan menemukan hubungan sebab dan akibat.
Dalam media ini, peserta didik
diajak untuk mengenal
ciri-ciri masing-masing fauna
di dunia. Selain itu, peserta
didik juga diajak untuk menganalisis
ciri-ciri yang disebutkan temannya
sebagai clue untuk mengenal fauna pada suatu wilayah persebaran fauna tersebut.
Dalam Pembelajaran Kurikulum
KTSP dapat dimasukan pada bahasan :
Standar Kompetensi : Menganalisis
fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar : Menganalisis persebaran
hewan dan tumbuhan
Indikator : Siswa mampu menganalisis sebaran hewan di Dunia
Demonstrasi Permainan
Lebih detailnya lihat video ini.
Video : Permainan Kartu Sextet
0 komentar:
Post a Comment