"Blog Ini Berisi Geografi Fisik, Geografi Manusia, Geografi Teknik dan Cerita Pendidikan".
Home » » Pengaruh Hidrosfer Terhadap Transportasi Air

Pengaruh Hidrosfer Terhadap Transportasi Air



Hidrosfer merupakan salah satu fenomena geosfer yang ada dibumi. Hidrosfer memegang peranan penting di kehidupan khususnya manusia, terutama terkait tentang transportasi air. Jelas air adalah medium untuk melakukan perjalanan sama halnya ditransportasi darat jalanlah yang menjadi mediumnya. Namun sama seperti sitem transportasi lainya pasti punya kendala masing-masing juga kelebihannya yang ditimbulkan karena pengaruh hidrosfer pada khususnya. Dalam artikel ini menguraikan tentang sejarah pemikiran manusia untuk menggunakan air sebagai alat transportasi, teori yang berhubungan tentan air yang menjadi dasar perancangan suatu alat transportasi air, keistimewaan transportasi air, arus air yang dapat membantu melakukan perjalanan, kendala-kendala transportasi air karena pengaruh hidrosfer, dan contoh kota air yang menggunakan sistem transportasi air.
Gambar 00 Sampan

·         Sejarah Penggunaan air untuk alat transportasi.
Sejak zaman dahulu, Manusia selalu berpikir bahwa untuk melintasi sebuah tubuh perairan diperlukan alat transportasi/ moda yang dapat membantu mepermudah memawa manusia itu menapung di tubuh perairan. Manusia selalu menyadari bahwa dirinya tidak dapat selalu hidup didaratan saja, bagi manusia yang ingin mengakses ke dunia luar harus memilki alat untuk menyebrangair yang menjadi pembatas antar daratan kala itu.
Sebelum mampu memanfaatkan tenaga angin, rakit atau perahu merupakan pilihan utama untuk angkutan barang atau penumpang di air. Dengan didukung perkembangan teknologi mesin, otomotif dan elektronika, manusia akhirnya setahap demi setahap berhasil mengatasi keterbatasan kapasitas angkut penumpang dan barang, jarak tempuh dan kecepatan dengan menciptakan perahu bermotor, kapal laut dengan berbagai jenis, fungsi dan ukuran. Teknologi penggeraknya pun berkembang, yang awalnya hanya dari kayu yang berfungsi sebagai dayung, sekarang menjadi turbin dan motor diesel.
Seiring berkembangnya suatu teknologi alat transportasi semakin canggih. Ini disesuaikan dengan keperluan-keperluan manusia untuk melewati batas yaitu air. Air disini bisa berwujud air yang menggenang bisa seperti danau, telaga dan aliran air seperti sungai, laut dan tubuh perairan lainya yang memungkinkan manusia untuk menggunakannya.
Bagi Indonesia, peranan transportasi air khususnya di daerah studi sangat penting karena daerah yang dipisahkan oleh danau, untuk menghubungkan penduduk antara satu pulau dengan pulau yang lain dengan menggunakan angkutan air. 
  • Gaya gesek terhadap air yang memungkinkan adanya pergerakan.

Sama halnya dengan gaya gesek yang terjadi lainya, Gaya gesek dapat terjadi di udara dan di air. Keadaan inilah yang membuat motor boat atau pesawat terbang selalu dirancang runcing di bagian depannya. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi gaya gesek air atau udara. Gesekan antara air laut dan kapal laut dapat menghambat gerak kapal laut. Untuk mengatasi hal ini, ujung kapal laut dibuat lancip sehingga gesekan antara kapal laut dan air laut dapat diperkecil.

Gesekan dengan air / udara menyebabkan kecepatan gerak kendaraan menjadi berkurang. Untuk itu bentuk kendaraan dibuat dengan desain streamline / aerodinamis. Kapal laut Hovercraft memasang bantalan udara di dasar kapal agar dasar kapal tidak langsung bersentuhan dengan air sehingga kapal bergerak dapat bergerak lebih cepat.
  •   Besi/ benda berat dapat mengambang di air. (hukum Archimedes)

Mengapa kapal laut yang besar dan terbuat dari besi bisa mengapung di atas laut? Padahal beratnya bisa berton-ton, apalagi ditambah muatan yang isinya manusia, motor, mobil, truk, bahkan ada juga loh yang bermuatan pesawat tempur. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?
Sebuah benda akan terapung, melayang, tenggelam di dalam sebuah cairan, disebabkan oleh massa jenis benda itu dibandingkan dengan massa jenis cairan tempat benda itu dicelupkan. Benda akan terapung jika massa jenis benda itu lebih kecil dari massa jenis cairan. Benda akan melayang jika massa jenis benda dan cairannya sama. Benda akan tenggelam jika massa jenis benda lebih besar dari massa jenis cairan.
Hubungan mengapung , melayang , tenggelam.

   » Massa jenis benda < Massa jenis air = Mengapung
   » Massa jenis benda = Massa jenis air = Melayang
   » Massa jenis benda > Massa jenis air = Tenggelam
       Kapal memang berat tetapi kapal  berbentuk cekungan dan memiliki ruangan-ruangan yang demikian luas beserta rongga berisi udara, yang menjadikan volume kapal laut menjadi sedemikian besar. Hal ini menyebabkan massa jenis kapal laut menjadi lebih kecil dari massa jenis air. Oleh sebab itu kapal laut bisa mengapung di laut. Bila kapal dibuat tidak memilki rongga udara yang terjadi adalah kapal itu tenggelam.
1.Benda yang tenggelam di dalam suatu fluida mengalami gaya apung  ke atas sebesar berat fluida yang dipindahkannya.
2.Benda yang terapung memindahkan fluida yang beratnya sama dengan berat benda tersebut.
       Berdasarkan Hukum Archimedes  Ketika kapal berada di atas air maka kapal memberi tekanan kepada air. Berat dari kapal menekan air ke bawah, lalu dengan gaya yang sama besar, air tersebut memberikan tekanan kepada kapal laut dengan arah yang berlawanan (ke atas). 
       Salah satu penyebab kenapa kapal laut tenggelam yang sering terjadi di negeri kita. Karena terlalu banyak muatannya melebihi daya tampung dari kapal laut tersebut dengan memperhatikan hukum diatas tekanan kebawah tidak bisa diimbangi oleh gaya tolak air keatas. Jadi aplikasi teori ini berguna untuk cara pembuatan kapal  taranportasi agar memperhatikan hukum diatasagar tidak celaka karena sifat-sifat fluida dalam hal ini adalah pengaruh hidrosfer.

  •   Transportasi di air dinilai paling efisien dari alat transportasi lain.

Bentuk maupun ukuran kendaraan air cukup beragam, mulai dari perahu dayung yang sangat sederhana, rakit, sampai kapal raksasa dengan daya angkut yang sangat besar. Berbagai kapal juga dirancang untuk berbagai keperluan, seperti kapal perang, tanker pengangkut minyak, kapal penumpang, serta kapal pesiar yang mewah.
Bagi pengangkutan barang, transportasi air masih memegang peranan penting. Daya angkut kapal yang yang sangat besar, sehingga dapat menekan biaya satuan, merupakan daya tarik tersendiri bagi dunia perdagangan. Apalagi memang sering kali tidak ada alternatif lain kecuali menggunakan kapal. Karena angkutan melalui air lambat maka sering kali angkutan ini hanya sesuai utuk mengangkut barang yang yang tidak cepat rusak.
Pengangkutan melalui air khususnya cocok dan efisien bagi lalu lintas hubungan antar tempat (misalnya pemukiman) yang tidak dihubungkan oleh sistem jaringan darat, sebaiknya menggunakan sistem angkutan dengan moda kapal untuk membongkar-muat barang, dan lalu lintas penyeberangan antar pulau.
  •  Arus dalam air yang dapat menguntungkan.

Bisa diambil contoh dalam Oceanografi terdapat arus ang terjadi di samudera. Arus laut adalah gerakan massa air yang dipengaruhi oleh angin atau perbedaan densitas air laut yang bergerak dari suatu tempat ke tempat lainya. Arus di permukaan laut disebabkan oleh pergerakan angin yang cukup kuat sedangkan arus di kedalaman laut di sebabkan oleh perbedaan densitas massa air laut. Perbedaan densitas air laut adalah peerbedaan massa air yang disebabkan oleh perbedaan temperature dan perbedaan salinitas atau disebut juga perbedaan thermohaline.
Arus laut dapat terjadi di samudera luas yang bergerak melintasi samudera , maupun terjadi di perairan pesisir. Arus laut yang terakumulasi dan memiliki arah arus yang sama di suatu samudra akan mengakibatkan terjadinya arus samudera.
Gambar 01 Arus didunia

      Dalam aplikasinya kapal yang ada dilaut bisa memanfaatkan arus-arus alami ini unuk menyebrang melewati samudera, dengan memperhatikan arah arus ini dimungkinkan dapat menghemat bahan bakar. Kebalikannya bila kapal tersebut bergerak berlawan arah arus maka kemungkinan akan menghadapi sulitnya untuk melaju kencang bahkan boros tenaga. Para penjelajah samudera seperti Colombus sudah memanfaatkan ini. Sama halnya bila ada di sistem sungai kapal akan mudah bergerak bila memperhatikan arus hulu kehilir. Tanpa tenaga pun kapal akan bergerak mengikuti arus ke hilir.
·         Kendala-kendala didalam air yang dapat menggangu tranportasi air.
  •                           Air Surut

Ini bisa terjadi di sungai ataupun pantai. Biasanya kalau terjadi di sungai disebabkan karena musim kering atau sedikit hujan. Musim ini dapat merendahkan debit air yang ada disuatu sistem sungai akibatnya sebagian dari tepi sungai yang dangkal akan surut atau mengering. Ini berimbas pada suatu daerah yang mengandalkan transportasi air sulit untuk melaju kesulitan bergerak mencari tolakan yaitu air karena sungainya dangkal.
Bila terjadi surut dipantai bisa menghambat perahu-perahu untuk parkir di tepi pantai ataupun para nelayan biasanya sulit juga untuk berlabuh kepantai, mereka harus mendorong perahunya sampai beberapa meter untuk mendapatkan air yang cukup dalam bila perahu dapat melaju.
  • Gelombang tinggi

       Ini biasanya terjadi akibat cuaca yang tidak mendukung menyebabkan muka gelombang meninggi  karena pengaruh angin. Para transportan sering menunda untuk melabuhkan kapal mereka agar terhindar dari ancaman gelombang tinggi di tubuh perairan.
Gambar 02 Gelombang tinggi

  •  Gunung es yang ada didasar laut

Seperti yang terbayang di film Titanic, bahwa suatu kapal menabrak gunung es yang ada dibawahnya. Mengakibatkan goresan ekstrim di bagian bawah kapal ekstrimnya lagi kapal bisa terbelah menjadi dua dan akhirnya tenggelam. Menyedihkan sekali, sekarang hal ini bisa dicegah dengan menggunakan alat navigasi keberadaan gunung es melalui sensor tertentu yang ada dikapal. Dalam hal ini fenomena gunung es merupaan bagian kajian dari hidrosfer karena es berasal dari air.
  • Bagi  daerah yang berdominasikan air, kapal menjadi alat vital transportasi.


Venezia The City of Water’, itulah julukan untuk kota Venice. Sebuah julukan yang sangat tepat, karena memang kota ini dikelilingi oleh laut dan memiliki banyak kanal. Tidak ada jalan raya di kota ini, untuk transportasi di sini digunakan perahu. Terdapat berbagai jenis perahu yang digunakan, yaitu gondola, vaporetti/water bus, dan water boat. Gondola adalah transportasi yang paling diminati oleh pengunjung/ wisatawan. Dengan kota yang memilki keterbatasan itu menjadikan sistem sungaisebagai jalan, ibarat di tranportasi darat pengguna menggunakan mobil kota ini mobilnya digantikan oleh kapal. Jadi sistem transportasi di kota ini berdominasikan moda transportasi air.
Di Indonesia juga ada kota seperti venezia di italia yaitu Muara Teweh, merupakan Ibu Kota Kabupaten Barito Utara yang mayoritas penduduknya berasal dari suku Dayak Bakumpai, subetnis Dayak di Barito yang memeluk agama Islam. Kota kecil yang dikelilingi hutan dan bentuknya memanjang mengikuti aliran sungai ini merupakan satu-satunya kota ramai di daerah pedalaman Sungai Barito, yang membelah Pulau Kalimantan dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, hingga Kabupaten Murung raya, Kalimantan Tengah.
Gambar 03 Desar Di Muara Teweh

Sebagai kota air, Muara Teweh menyuguhkan pemandangan yang unik. Di kota kecil ini, terdapat rumah apung yang cukup banyak, berderet di sepanjang tepian Sungai Barito. Jenis rumah semacam ini dapat dianggap sebagai kearifan lokal dalam menghadapi bahaya banjir. Karena banjir di Muara Teweh pada umumnya berupa genangan, bukan air bah, jadi setinggi apapun banjir yang terjadi tidak akan menenggelamkan rumah-rumah tersebut.
Dengan kota yang memilki keterbatasan itu menjadikan sistem sungaisebagai jalan, ibarat di tranportasi darat pengguna menggunakan mobil kota ini mobilnya digantikan oleh kapal. Jadi sistem transportasi di kota ini berdominasikan moda transportasi air





Referensi



M.Kurnia Yudanto. 2011. Bagaimana kapal yang besar dan terbuat dari besi bisa terapung ?
http://yudatfort814.blogspot.com/2011/11/bagaimana-kapal-yang-besar-dan-terbuat.html

Sefray. 2009. Arus Samudera , Pola Angin Dan Pola Curah Hujan

Contributor . 2011. Venice The Ultimate Romantic Destination. http://areamagz.com/article/read/2011/02/23/venice-the-ultimate-romantic-destination

(semua diakses tanggal 1 Maret 2012)



0 komentar:

Powered by Blogger.