"Blog Ini Berisi Geografi Fisik, Geografi Manusia, Geografi Teknik dan Cerita Pendidikan".
Home » , , » Inspirasi Media Pembelajaran Geografi Konvensional: Kartu Sextet Fauna Dunia

Inspirasi Media Pembelajaran Geografi Konvensional: Kartu Sextet Fauna Dunia

Sextet adalah permainan kartu yang diadopsi dari permainan kartu kuartet. Modifikasi pada kartu sextet ada pada jumlah serinya yaitu 6 kartu. Modifikasi lain yaitu pada cara meminta kartu dengan “clue”.
Gambar 01 : Keterangan Kartu

Keterangan :
1. Judul (kategori Fauna Dunia)
Menunjukkan salah satu tipe fauna dunia yang ada.
2. Sub-judul
Menunjukkan contoh fauna sesuai dengan tipe fauna yang tercantum pada judul.
3. Contoh Fauna
Menunjukkan fauna yang menjadi fokus dan merupakan salah satu fauna  yang  termasuk  kedalam  kategori  tipe  fauna  sesuai  dengan judul.
4. Gambar
Menunjukkan gambar fauna yang menjadi fokus.
5. Deskripsi/ “clue”.
Menjelaskan deskripsi dari fauna yang menjadi clue permainan.
6. Identitas
Menunjukkan tujuan pembuatan kartu yaitu sebagai media pembelajaran Geografi (Media) serta menunjukkan nama pembuat contoh : Wild dream

Cara Bermain
1.    Kocok dan bagi kartu
2.    Setiap pemain mendapatkan 6 kartu
3.    Permainan dimulai dari yang membagi kartu
4.    Pemain selanjutnya sesuai urutan arah jarum jam
5.    Pemain pertama meminta kartu dengan menyebutkan seri, misal : Australian
6.    Jika pemain yang diminta mempunyai kartu nama hewan pada seri, dia harus memberitahu dan kemudian membacakan “clue” yang ada.
7.    Pemain pertama harus menebak jawaban “clue” kartu
8.    Jika jawaban benar kartu yang diminta harus diserahkan
9.    Kemudian pemain pertama melanjutkan permainan
10.  Jika tebakan “clue” salah
11.  Pemain pertama harus mengambil kartu di deck. Kemudian pemain berikutnya melanjutkan
12.  Permainan dilanjutkan dengan cara tersebut, sampai kartu habis
13.  Pemain yang terbanyak mengumpulkan seri menjadi pemenangnya.

Alat dan Bahan
Alat      : Gunting, Printer
Bahan : Gambar fauna, frame kartu, kertas ivory/kertas tebal.

Tujuan Media Pembelajaran
Media ini dibuat dengan tujuan mampu membantu siswa untuk mencapai tingkatan kompetensi C4 yaitu peserta didik mampu menguraikan informasi ke dalam beberapa bagian, menemukan asumsi, membedakan fakta dan pendapat, dan menemukan hubungan sebab dan akibat. Dalam media ini, peserta didik  diajak  untuk  mengenal  ciri-ciri  masing-masing  fauna  di  dunia. Selain itu, peserta didik juga diajak  untuk menganalisis ciri-ciri  yang disebutkan temannya sebagai clue untuk mengenal fauna pada suatu wilayah persebaran fauna tersebut.

Dalam Pembelajaran Kurikulum KTSP dapat dimasukan pada bahasan :
Standar Kompetensi               : Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar                  : Menganalisis persebaran hewan dan tumbuhan

Indikator                                  : Siswa mampu menganalisis sebaran hewan di Dunia 

Demonstrasi Permainan
Lebih detailnya lihat video ini.

Video : Permainan Kartu Sextet

0 komentar:

Powered by Blogger.