"Blog Ini Berisi Geografi Fisik, Geografi Manusia, Geografi Teknik dan Cerita Pendidikan".
Home » » Menilik Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi di NTT

Menilik Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi di NTT

Siapa bilang muslim di Nusa Tenggara Timur sedikit ?. Kamis 14 April 2016, diselenggarakan Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi di Kabupaten Ngada yang menjadi tuan rumah adalah Madrasah Aliyah Swasta Muhammadiyah Riung sekolah saya SM3T (Sarjana Mengajar daerah Terluar, Terdepan, Tertinggal) mengabdi. KSM ini diikuti 8 madrasah yang menyebar di Kabupaten Ngada yakni MIS Al-Ghuraba Bajawa, MIS Al-Hikmah Riung, MIS Al-Bina Rawuk, MTs Baar, MTs Maumbawa, MTs Raudhatul Jannah Riung dan tuan Rumah MA Muhammadiyah Riung. Total jumlah peserta adalah 26 dengan rincian. Jenjang MI cabang matematika 3 orang dan cabang sains 5 orang. Jenjang MTs cabang matematika 2 orang, cabang fisika 2 orang, cabang biologi 2 orang. Jenjang MA diikuti cabang matematika 2 orang, cabang fisika 2 orang, cabang kimia 2 orang, cabang biologi 2 orang, cabang ekonomi 2 orang dan geografi 2 orang.

Gambar 1 : Suasana Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi di MA Muhammadiyah Riung

Sesuai dengan Petunjuk Teknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2016 penyelenggaraan ini diharapkan memupuk motivasi peserta didik untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Setelah memiliki dan mengamalkan ajaran agama Islam yang kuat dan menjadi panutan bagi yang lainnya, sebagai anak bangsa yang baik dan berakhlakul karimah, diharapkan setiap siswa madrasah mampu membangun bangsa khususnya di bidang IPTEK yang semakin hari semakin tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini.
Acara Pembukaan dihadiri dan diawasi oleh JFU Seksi Pendidikan Islam Kantor Kemenag, Penyusun Program Anggaran Subbag Perencanaan dan keuangan Kanwil Kemenag NTT, Camat Riung, Kepala Madrasah dan guru-guru pendamping.
Penyelenggaran KSM tingkat Provinsi ini berbeda dari tahun sebelumnya. Dimana tiap Kabupaten yang ada di NTT menyelanggarakan sendiri di wilayahnya tapi tetap ada pengawasan dari Kantor Wilayah Kemenag Provinsi. Tujuanya tidak lain untuk menghemat anggaran peserta yang biasanya diselenggarakan akbar di Kupang yang memberatkan madrasah. Peserta yang lolos akan diadu poin/nilai tiap Kabupaten untuk dikirim ke KSM tingkat Nasional pada bulan Agustus mendatang di Pontianak Kalimantan Barat.

Gambar 2 : Sambutan Camat Riung Promosi Wilayahnya Yang terkenal Sebagai Destinasi Wisata Mancanegara dengan Taman Laut 17 Pulau Riung
Menurut Kepala MA Muhammadiyah Riung Rismawan Landa S.Ag, penyelenggaran KSM di Kabupaten Ngada sebagai momen salah satu sarana promosi madrasah aliyah yang ada di Kabupaten Ngada. Beliau optimis ada duta dari Ngada yang lolos minimal tiap jenjang ada untuk mewakili Provinsi NTT untuk maju ke tingkat nasional.

Gambar 3 : Peserta Jenjang MI Serius Mengerjakan Soal KSM

Gambar 3 : Peserta Jenjang MTs dan MA 

Penulis (guru pembimbing cabang geografi) juga optimis bahwa salah satu anak didiknya yang ikut cabang geografi tingkat MA dapat bersaing di tingkat NTT untuk dapat berangkat ke Pontianak Kalimantan Barat Agustus nanti, Semoga. 

PETA LOKASI MA Muhammadiyah Riung

2 komentar:

Wahyu Whi said...

Keren mas Bro....maju terus untuk mengabdi..

Wisnu Sinartejo said...

Makasih mas senior. Semangat

Powered by Blogger.