"Blog Ini Berisi Geografi Fisik, Geografi Manusia, Geografi Teknik dan Cerita Pendidikan".
Home » » 5 Cara Meningkatkan Prestasi Geografi

5 Cara Meningkatkan Prestasi Geografi



Ingin belajar tentang geografi ? tetapi sulit? Sudah belajar namun nilai tak kunjung baik ? Disini kita akan membagikan tips untuk berprestasi dalam bidang geografi. Sebelumnya apa itu geografi ? Sesuai dengan standar isi SMA, geografi adalah ilmu untuk menunjang kehidupan sepanjang hayat dan mendorong  peningkatan kehidupan. Lingkup bidang kajiannya memungkinkan manusia memperoleh jawaban atas pertanyaan dunia sekelilingnya yang menekankan pada aspek spasial, dan ekologis dari eksistensi manusia. Bidang kajian geografi meliputi bumi, aspek dan proses yang membentuknya, hubungan kausal dan spasial manusia dengan lingkungan, serta interaksi manusia dengan tempat. Sebagai suatu disiplin integratif, geografi memadukan dimensi alam fisik dengan dimensi manusia dalam menelaah keberadaan dan kehidupan manusia di tempat dan lingkungannya.

Setelah tahu geografi itu apa? Mari kita lanjutkan untuk memulai tips nya.
1.    Keluar dari rumah dan traveling
jalan-jalan naik bukit

Bermalas-malasan di kamar tentu tidak sehat bagi tubuh maupun pikiran. Anda butuh banyak referensi. Dalam islam, terdapat ada 2 ayat. Ayat-ayat Qauliyah yang difirmankan Allah SWT didalam Al-Quran dan Ayat Kauniyah adalah ayat atau benda disekeliling yang diciptakan Allah. Terus bagaimana? Semakin banyak kalian jalan-jalan sambil mengagumi ciptaan Allah dan membaca ayatnya, semakin banyak juga kalian belajar tentang geografi. Jalan-jalan sambil mengamati pola sungai, pantai, naik gunung, biota laut, hewan dan tumbuhan, sawah, pertunjukan seni, kearifan lokal dan lain sebagainya akan menyenangkan sekaligus tidak bikin cupu apabila ditanya guru.
2.    Peka terhadap kondisi sekitar
ikut aksi sosial misal tanam bakau

Pernah merasakan gempa? Tanah longsor? Terjebak dalam kerusuhan ? Kekeringan ? Abrasi pantai? Itu semua adalah contoh fenomena geografi. Berpikirlah mengapa hal tersebut terjadi? Apa dampaknya? Bagaimana solusinya? Tanyakan pada guru, orang tua atau pada jaman sekarang tinggal googling langsung ketemu. Misal pada saat terjadi gempa bumi. Anda tidak boleh cuek, anda harus  melakukan evakuasi diri agar selamat dari runtuhan. Kalau tidak bergerak ya mungkin bisa tertimpa atau bahkan anda harus pergi ke tempat yang tinggi karena gempa itu berpotensi tsunami.
3.    Update berita setiap waktu
update lewat pantau twitter

Berita di media sosial (twitter, facebook, path, bbm, instagram, dll) kalau tidak ada ya  mungkin dari TV atau radio banyak menayangkan fenomena geografi. Secara tidak langsung anda sudah belajar menganalisis fenomena melalui tayangan berita itu yang dituliskan penulis, atau si pembawa berita.
4.    Membaca
membaca santai

Membaca? Ya ini serius. Geografi itu tentang wawasan, jadi semakin banyak anda membaca buku/artikel/media pembelajaran lain tentang geografi ya anda semakin pintar. Geografi itu bukan tentang hafalan gak harus semua harus dihafal cukup dengan memahami poin-poinnya saja yang penting membekas di otak anda. Anda akan lebih mudah belajar geografi karena geografi ada ilustrasi gambarnya bukan teori tok/saja.
5.    Pelajari peta
belajar lewat aplikasi peta juga asyik

Kenapa harus peta? Dora The Explorer saja belajar peta, masak anda tidak?. Perlu diketahui senjata pamungkas untuk kajian tentang geografi ya peta. Bagaimana caranya? Mulai dari pengenalan pembacaan peta dari unsur-unsurnya, pengenalan lokasi (tambang, persebaran, deskripsinya, wisata, dll), belajar lewat google earth/google maps/wikimapia juga bisa, syukur-syukur belajar pencitraan penginderaan jauh bahkan SIG secara sungguh-sungguh.


Itu dia tips agar belajar geografi lebih berprestasi. Tetap luruskan niat, perbanyak usaha dan jangan lupa berdoa. Selamat mencoba dan ditunggu kabar baik dari anda. Siapa tahu anda terinspirasi dan menjadi jawara olimpiade. 

0 komentar:

Powered by Blogger.